Perkembangan Android Sejak Versi Aplha hingga Oreo

Perkembangan Android Sejak Versi Aplha hingga Oreo – Android merupakan system operasi mobile yang hingga kini terus berkembang. Entah sampai kapan Android akan terus update versinya, tapi hingga saat ini versi Android sudah mencapai Oreo atau 8.0. Versi terupdate masih di versi Oreo yang belum banyak digunakan oleh smartphone di pasaran.

Android diakuisisi oleh Google dari tahun 2006 dan mulai populer pada tahun 2008. Android terus menerus mempertahankan eksistensinya agar bisa bertahan di pasaran. Berdasarkan data yang ada di IDC, menunjukkan angka pengguna Android jauh lebih banyak daripada iOS.

Perkembangan Android Sejak Versi Aplha hingga Oreo

Populernya Android

Mengingat Android adalah system open source, sehingga siapa saja boleh mengembangkan dan memodifikasi kode programnya. Karena itulah Android terus menjadi populer digunakan oleh semua perusahaan smartphone. Dampak dari open source adalah Android mendapat perolehan angka 82,8 persen dan IOS hanya 13,9 persen saja.

Bahkan RAJA nya symbian jaman dulu Nokia, juga menjatuhkan pilihannya kepada System Operasi Android. Meskipun sebelumnya Nokia pernah memakai OS WinPhone nyatanya tidak bisa bertahan lama karena terus tergerus Monopoli Android. Nokia juga mengakui performa Android jauh lebih baik dibanding dengan Windows Phone.

Android tetap menjadi OS populer meskipun jika dilihat dari segi keamanan, Android masih kalah dengan IOS. Setiap versi Android memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, untuk itu silakan di simak perkemangan Android dimulai dari versi 1.0 hingga 8.0

Versi Android dari Awal hingga Sekarang

1. Android 1.0
Versi Android ini diluncurkan pada bulan Sepetember 2008. Versi ini menjadi versi resmi pertama Android yang di kenalkan oleh Google. Android ini merupakan versi Android 1.0 atau dengan sebutan Alpha.

Logo yang di usung oleh Android Alpha masih logo Android pada umumnya, hanya sebatas logo robot Android.

2. Android Beta 1.1
Setelah beberapa lama berjalan di pasaran, pada versi ini ada pembaharuan dengan hadir versi 1.1 dan menggunakan API level 2. Dirilis pada tanggal 5 November 2007 sedangakan Software Development Kit nya rilis pada 12 November 2007.

3. Android Cupcake 1.5
Rupanya Google tidak mau berlama lama tenang dengan versi Android 1.0. Dalam kurun waktu 7 bulan yaitu pada bulan April tahun 2009, Google meluncurkan versi Android ke 1.5 dengan sebutan Cupcake. Android Cupcake menggunakan API level 3 dengan penambahan fitur lebih baru dibanding pendahulunya.

Pada versi ini, Android belum populer mendunia. Hanya beberapa negara di Amerika saja yang telah menggunakan Android versi terdahulu.

4. Android versi 1.6 (Donut)
Sepertinya Android menamkan setiap versinya dengan nama nama makanan. Kali ini Google telah meluncurkan Android versi 1.6 dengan sebutan Donut. Peluncuran Android Donut yaitu pada tanggal 15 September 2009, sekitar lima bulan lebih setelah kemunculan Android Cupcake.

Perangkat yang menggunakan Android Donut saya belum menemukan nya, tapi pastinya sudah populer di negara negara Amerika. Android Donut menggunakan API level 4.

5. Android Eclair
Android tidak berhenti dengan versi Donut, mereka mengembangkan lagi dan berhasil merilis Android versi 2.0 dengan nama Eclair. Pada versi ini, mereka memperbaharui hingga 2 kali dengan versi 2.0.1 dan versi 2.1.

API level yang digunakan oleh Android versi ini adalah API Level 5 pada versi 2.0. API level 6 pada versi 2.0.1 dan API Level 7 pada Android Eclair versi 2.1. Semua pembaharuan tetap mengutamakan keunggulan dan penggunaan sumber daya hardware.

6. Android Froyo
Pada tanggal 20 Mei 2010, Google merilis kembali Android dengan versi yang dinamai Froyo. Sebenarnya nama ini diambil dari nama Frozen Yogurt, jadi memang Google mengambil nama nama makanan untuk dijadikan nama versi Androidnya.

Android Froyo menggunakan versi Android 2.2 hingga 2.2.3. Tetapi pada Android Froyo kedua versi menggunakan API level yang sama. Pada versi 2.2 dan versi 2.2.3 sama sama menggunakan API level 8. Penambahan fitur pada Android Froyo adalah mendukung opsi mematikan akses data pada jaringan seluler.

7. Android Gingerbread
Masih menggunakan urutan abjad, Google meperkenalkan Android versi 2.3 pada tanggal 6 Desember 2010. Fitur andalan dari Gingerbread sendiri tidak ada di versi Android yang sebelumnya. Keunggulan fitur pada Android Gingerbread yaitu adanya aplikasi Download manager yang memungkinkan penggunanya dapat mengunduh file langsung dari internet.

Selain itu, Android pada versi ini sudah suport dual kamera yang selanjutnya diperbaiki pada versi 2.3.7. Versi 2.3.7 dirilis pada tanggal 21 September 2011 dengan menggunakan API level 10. Selain itu, Gingerbread versi terbaru memiliki performa yang lebih baik dibanding versi sebelumya.

8. Android Honeycomb 3.0 – 3.2
Dirilis pada tanggal 22 Februari 2011 dengan versi 3.0 yang dinamakan Honeycomb. Namanya masih menggunakan urutan abjad. Android versi ini di buat untuk memenuhi permintaan pasar yang lebih suka menggunakan tablet pada waktu itu. Hingga akhirnya mereka mengembangkan hingga versi 3.2

9. Android Ice Cream Sandwich
Dirilis pada tanggal 19 Oktober 2011. Android versi ini sudah memiliki beragam fitur yang menjadi cikal bakal Android selanjutnya, seperti face lock dan lain sebagainya. Berselang beberpa bulan Android Ice Cream memperbaharui dengan sejumlah perbaikan bug.

10. Android Jellybean
Android jelly bean merupakan versi Android 4.1 – 4.3 dirilis pada tanggal 9 Juli 2012. Versi ini menjadi populer dan menjadi Android terbaik pada saat itu. Karena fitur yang tersedia sudah lengkap dan sangat banyak.

11. Android Kitkat
Android Kitkat dirilis pada tanggal 31 Oktober 2013 dan menjadi versi Android paling banyak di sukai pada waktu itu. Performa yang ditawarkan pada Android Kitkat sangat handal.

12. Android Lollipop 5.0
Android Lolipop dirilis pada tanggal 24 Juni 2014 dan banyak dipakai smartphone dengan RAM 1 GB ke atas. Tentu saja fiturnya lebih banyak dibanding dengan Kitkat.

13. Android Marshmellow
System proteksi sidik jari pertama kali di gunakan pada Android versi ini. Android ini menjadi populer karena memang system keamanannya terjaga.

14. Android Nougat
Mode multitasking menjadi fitur andalan Android Nougat. Saat ini masih banyak produsen smartphone yang menggunakan Android versi ini.

15. Android Oreo
Android Oreo menjadi versi Android terbaru hingga Maret 2018. Belum banyak smartphone yang menggunakan versi ini, di perkirakan masih Smartphone besutan Google yang menggunakan Android Oreo.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Silahkan tulis jika ada pertanyaan, kritik maupun saran dan jangan sungkan-sungkan

Tekan (X) 2x untuk menutup
Dukung kami dengan like fanspage ×