Versi Android Terbaik Menurut Kebutuhan Hardware

Versi Android Terbaik Menurut Kebutuhan Hardware – Android selalu memperbarui system dan fitur yang diberikan. Semua versi android juga disesuaikan dengan kebutuhan akan hardware. Menurut data yang saya lihat, versi Android terbaru membutuhkan setidaknya penambahan kapasitas hardware supaya system bisa berjalan lancar.

Android sendiri memiliki beberapa versi yang sangat beragam, dimulai dari versi terendah 1.0 hingga versi terbaru 2018 adalah android oreo atau versi ke 8.0. Kenapa versi android dinamakan dengan urutan abjad ? Jawabanya sederhana supaya Android mudah di kenal dan diingat. Daripada menggunakan nama dengan kode tertentu misal Android C8ef tentu akan sangat sulit dikenal dan diingat. Apalagi Android menggunakan nama nama makanan yang sesuai dengan urutan abjad seperti kitkat, lolipop, marshmellow, dan oreo.

Versi Android Terbaik Menurut Kebutuhan Hardware

System Operasi Android didukung oleh SDK (Software Development Kit) yaitu software yang gratis digunakan untuk membuat aplikasi yang mendukung dengan versi android. Ketika kamu ingin membeli sebuah smartphone dan terbatas budget akan sangat baik ketika kamu memperhatikan versi Android yang digunakan dengan kapasitas hardware nya.

Jangan mudah tergiur dengan iklan yang menyatakan smartphone tersebut menggunakan Android terbaru, tapi cari juga spesifikasi hardware yang mumpuni. Berikut adalah versi Android terbaik menurut Kebutuhan hardware.

Versi Android Terbaik Menurut Kebutuhan Hardware

Android Alpha hingga Honeycomb

Android Alpha atau versi Android 1.0 sampai Honeycomb membutuhkan setidaknya kapasitas memori internal sebesar 1 GB. Memori internal tersebut digunakan untuk menyimpan dan memproses data aplikasi system. Untuk smartphone yang dulu menggunakan Android versi ini masih dibekali penyimpanan internal yang minim, hanya terbatas untuk memori system dan untuk menyimpan data. Jika di total rata rata kapasitas smartphone jamannya Android lawas adalah 4 GB. Tapi tenang itu dulu dan pastinya waktu dulu juga sudah sangat terbaik, mengingat OS symbian masih merajai pasaran.

Versi Android Terbaik Menurut Kebutuhan Hardware

Sektor RAM, Android Alpha dan Honeycomb belum memiliki fitur yang banyak maupun kompleks, sehingga pemrosesan system masih sangat minim dan hanya membutuhkan kapasitas RAM sedikit. Kapasitas RAM yang digunakan pun hanya 100MB belum seperti sekarang yang sudah menggunakan Giga byte. Dengan RAM segitu, system Android versi 1.0 hingga Honeycomb masih bisa berjalan dengan lancar tapi tergantung juga dengan penggunaanya.

Layar belum suport full HD. Tidak seperti sekarang yang kebanyakan sudah suport 720 HD dan bahkan 1080 HD. Perlu diketahui bahwa kualitas hardware layar smartphone juga mempengaruhi kualitas gambar yang ditampilkan. Misalkan kamu memutar film full 720 HD di smartphone yang belum suport full HD kemungkinan film akan tersendat sendat atau lag. Itu sudah saya alami sendiri di layar HP saya.

Pada Android Alpha dan Honeycomb mungkin saja bisa mendukung pemutaran film 360 yang notabene adalah ukuran yang pas untuk smartphone belum suport HD. Bahkan ada smartphone yang belum suport pemutaran film 360 dan hanya bisa memutar film dengan kualitas 240.

Android Icecream sandwitch

Versi android icecream sandwitch merupakan versi android yang sudah semakin dikenal masyarakat luas. Bahkan di Indonesia pun sudah banyak smartphone yang menggunakan Android dengan versi Icecream sandwitch. Contoh smarpthone yang menggunakan Android Icecream sandwitch adalah Samsung, Mito, Evercoss dan brand lama yang saat ini sudah redup dari pasaran Indonesia. Tapi untuk samsung masih tetap eksis di pasaran gadget Indonesia.

Kebutuhan hardware Android versi Icecream sandwitch sudah semakin meningkat, dikarenakan juga fitur yang diberikan lebih banyak dibanding versi yang sebelumnya. Untuk kapasitas RAM minimal membutuhkan 256 Mb. Pada umumnya memang masih menggunakan RAM berukuran 256 MB. Smartphone Samsung Galaxy Young 1 menggunakan Android versi Icecream sandwitch yang juga dibekali RAM berkapasitas 256 Mb.

Untuk sektor penyimpanan sebenarnya tergantung dari vendor smartphone itu sendiri. Tetapi kebanyakan hanya membekali memori internal sebesar 4GB. Memori sebesar itu digunakan untuk aplikasi system dan juga untuk kebutuhan lain seperti menyimpan foto, video dan data lainnya.

Android Jellybean dan Kitkat

Kedua versi Android ini merupakan awal kepopuleran Android di dunia. Menurut badan yang membaca data statistik pengguna OS di dunia, Android kitkat merupakan OS yang paling banyak disukai diseluruh dunia. Tetapi sebelum kehadiran Kitkat, Android Jellybean sudah populer terlebih dahulu meskipun tidak sepopuler Android Kitkat.

Android Jellybean sudah banyak di usung oleh vendor smartphone seperti Lenovo, Samsung, dan lain sebagainya. Kebutuhan hardware Jellybean dan Kitkat sedikit bertambah yaitu membutuhkan RAM minimal 512 Mb hingga 1 GB dan biasanya memori internal dibekali dengan kapasitas 8GB. Sudah cukup lumayan untuk menyimpan file file penting.

Pada beberapa vendor Smartphone yang menggunakan Android Kitkat sudah membekali layar Full 360 HD dan 480 HD.

Android Lolipop

Versi Android Lolipop pada awal kemunculannya dianggap istimewa. Pada versi Lolipop membutuhkan kapasitas hardware RAM minimal 1 Gb hingga 2GB. Banyak pemain baru pada Android versi Lolipop seperti Xiaomy dan Vivo. Untuk kapasitas memori internal rata rata dibekali dengan kapasitas 8GB hingga 16GB.

Android Marshmellow, Nougat dan Oreo

Ketiga versi terbaru ini masih banyak digunakan pada produk produk terbaru perusahaan smartphone. Pada versi Marshmellow merupakan awal kemunculan system keamanan sidik jari. Baik versi Marshmellow, Nougat dan Oreo kebutuhan hardware semakin meningkat dan biasanya minimal menggunakan RAM 2GB dan memori internal 16GB. Meskipun ada perusahaan smartphone yang membekali RAM 3GB, 4GB, 6GB saya rasa RAM 2GB sudah cukup mumpuni untuk menjalankan system Android ini. Untuk masalah memori internal tergantung dari kebijakan masing – masing vendor smartphone, tapi untuk kebutuhan system aplikasi saja sudah membutuhkan memori sebesar 4GB hingga 6GB.

Itulah Versi Android Terbaik Menurut Kebutuhan Hardware yang bisa saya sampaikan. Jadi kesimpulannya dalam memilih versi android tidak bisa sembarangan, harus memperhatikan beberapa faktor seperti kapasitas RAM dan memori internal handphone tersebut. Jika HP yang kamu gunakan terasa nge lag atau lambat bisa jadi hal tersebut dikarenakan versi android yang kamu gunakan tidak sesuai dengan spesifikasi hardware hp kamu, dan jika hal tersebut sudah terjadi kamu bisa melakukan Tips Mempercepat Android yang bisa kamu coba agar hp kamu tidak terlalu nge lag. Sekian pembahasan saya kali ini mengenai Versi Android Terbaik Menurut Kebutuhan Hardware semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Silahkan tulis jika ada pertanyaan, kritik maupun saran dan jangan sungkan-sungkan

Tekan (X) 2x untuk menutup
Dukung kami dengan like fanspage ×